Processor Intel Terbaru “Coffee Lake”

Processor Intel Terbaru “Coffee Lake”

Prosesor terbaru Intel, dengan Core 8th Gen yang memiliki codename Coffee Lake, sebentar lagi akan resmi di luncurkan. Prosesor jenis ini sendiri merupakan penerus dari Core i Skylake dan juga Kaby Lake yang sebelumnya telah sukses di luncurkan oleh Intel. Nah, disini kami akan menjelaskan secara detail beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang kelebihan prosesor “Coffee Lake”.

1. Terdapat tambahan 2 Core

Intel menyebutkan bahwa Core i 8th Gen, yang akan di luncurkan ini di desain khusus untuk bisa mengakomodasi 3 kebutuhan sekaligus yakni mulai dari gaming, content creation, hingga overclocking. Kali ini Intel melakukan perombakan melalui keluarga Coffee lake dengan menambahkan 2 core ekstra di setiap lini prosesornya. Baik itu Core i7, Core i5, ataupun Core i3, yang bisa mendapatkan 2 core, jika di bandingkan dengan konfigurasi yang ada sebelumnya.

Dan yang perlu anda ketahui dari Core i7 Coffee Lake ini, yakni memiliki 6 core, yang tetap di desain dengan fitur Hyper Threading, sehingga kemampuannya bisa menangani 12-thread sekaligus. Sedangkan untuk Core i5 Coffee Lake juga memiliki 6 core, namun pada core i5 ini tidak di lengkapi Hyper Threading. Begitu juga dengan Core i3 yang mengusung 4 core juga tak di lengkapi dengan Hyper Threading. Setelah melihat penjelasan di atas, kini saatnya anda melihat perbandingan spesifikasi dasar dari 3 generasi Core i terbaru :

Core i3
Core i5
Core i7


2. Fabrikasi atau Litografi 14 nm

Setelah mengetahui spesifikasinya, ternyata Coffee Lake sendiri tetap menggunakan fabrikasi atau litografi 14 nm. Jadi, artinya fabrikasi yang diterapkan masih sama dengan Core i 5th Gen sebelumnya. Baik itu Core i 6th Gen, Skylake, atau Core i 7th Gen pada Kaby Lake. Tetap menggunakan menggunakan fabrikasi 14 nm, yang telah mereka gunakan sejak tahun 2014. Tetapi walaupun demikian, bukan berarti Intel tak melakukan perubahan apapun pada fabrikasi prosesor baru saat ini.

Intel juga menyebutkan bahwa mereka meninggalkan skema Tick Tock demi perkembangan prosesor mereka, dengan beralih ke skema yang telah menyertakan optimasi fabrikasi. Tak hanya itu, Intel kini bisa menghasilkan prosesor Core i dengan jumlah core yang lebih banyak, tanpa mengurangi clock speednya yang tetap tinggi, dan memiliki kisaran yang sama dengan apa yang di tawarkan Core i Kaby Lake.

Misalnya pada Core i7-8700K, walaupun disini Core i7 mengusung 6 core dengan 12 thread, tetapi hadir dengan desain yang memiliki boost clock untuk all corenya mencapai 4.3 GHz. Jadi, hanya terpaut 100 MHz saja jika di bandingakan dengan Core i7-7700K yang mengusung 4 core dengan 8 thread. Dan menariknya lagi, pada TDP Core i7-8700K hanya berkisar 4 Watt di atas Core i7-7700K, jadi jika di hitung hanya 95 W berbanding 91 W saja.

Pastinya itu semua telah di dukung dengan berbagai pengalaman, karna beberapa tahun telah menangani prosesor dengan fabrikasi 14 nm. Kelebihan yang di hasilkan juga di tujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dimana, saat ini dunia teknologi semakin canggih, dan berbagai desain yang di luncurkan pun telah di pertimbangkan sesuai suara dan konsumen yang telah berlangganan sebelumnya, baik dari segi kualitas dan kuantitasnya. Jadi, anda tak perlu khawatir lagi karna perombakan intel Core saat ini di jamin sangat membantu pekerjaan anda menjadi lebih efektif.

Share this:

You Might Also Like:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments