Tips Penting Merakit PC Gaming & Editing

Tips Penting Merakit PC Gaming & Editing

Ini adalah tips penting sebelum merakit PC gaming atau PC programing dan desainer, biasanya orang mencari spek tinggi tapi murah dan irit bajed, dimana ketika anda salah dalam melakukanya maka akan sangat berakibat fatal, selain itu sangat merugikan anda terutama dalam hal modal bajed yang sudah anda keluarkan, nah disini kita akan mengevaluasi terlebih dahulu agar kalian tau bagaimana dan untuk apa PC tersebut digunakan, jadi kita tau PC tersebut kita build sesuai dengan fungsinya dan tidak mengalami over bajed, kecuali jika kalian anak para pejabat konglomerat, maka dari itu perhatikan dengan teliti bacaan berikut agar komputer sesuai dengan apa yang diharapkan.

Pada dasarnya setiap orang selalu menginginkan untuk merakit komputer dengan spek dewa, dan bisa melibas game berat, terutama pada editing berat atau kecepatan untuk merender video, namun perlu anda perhatikan istilah berikut, ada uang ada pula tampangnya, lalu bagaimana caranya agar bisa build spek dewa tapi murah? maka bacalah hal berikut.

1. Bajed
Bajed faktor terpenting dalam membangun sebuah komponen komputer, misal anda ingin VGA GTX 1080 sudah diatas 10 juta tapi bajed anda minim, semuanya sesuaikan dengan bajed si agan, pasalnya kualitas dari motherboar, RAM, Processor, VGA, Hardisk, Casing, Power suplay, dan juga SSD atau M2, biasanya bajed 10 juta kebawah spek rendah, 10 juta keatas spek lumayan dan 20 juta keatas sudah menjadi spek dewa. nafsu besar dalam membangun merakit komputer maka sesuaikan dengan bajed yang anda punya, lebih baik anda mengupgrade pelan pelan daripada merakit PC yang susah diupgrade alias harus mengganti semua komponen lagi.

2. Processor
Utamakan hal yang satu ini brother, karena processor harus plug play dengan motherboard, jadi belilah processor minimum dengan CPU 4 core dan 2 Core & 4 Thread seperti Ryzen 3 tau G4650, untuk tampang processor sendiri kalian harus melihat generasi dari processor tersebut, karena yang terbaru adalah skylake 6 dan kabylake generasi ke 7, jangan hanya melihat core i3 atau core i5 saja, lihat tahun pembuatanya, type processornya dan serinya, kalian juga bisa cek rangking kecepatan processornya, selain itu jika sudah memilih processor misalnya ryzen 5 atau ryzen 7, maka sesuaikan dengan motherboarnya yang harus sesuai dengan processor tersebut.

3. VGA Card
Vga juga berperan penting dalam menampilkan gambar pada dekstop anda, apalagi pada tampilan game dengan ukuran FPS kita bisa mengeceknya di benchmark, sesuaikan bajed untuk memilih VGA Card, VGA popular saat ini adalah NVIDIA dan AMD jadi pastikan sesuai selera dalam kedua merk tersebut, lihat juga generasi dalam VGA tersebut, perhatikan juga memory clock, core clock, dan garansi saat anda membeli, jadi apabila rusak anda bisa menukarnya pada toko tersebut, anda juga bisa mengecek rangking dari VGA pilihan kalian.

4. Motherboard
Seperti yang saya utarakan diatas, pastikan anda membeli motherboard dan sesuaikan dengan processor yang anda punya atau yang akan sedang anda beli, sesuaikan socket CPU pada mobonya, misalnya socket LGA 1151, maka processornya juga harus LGA 1151, jangan yang lainya, jadi bisa match and plug play.

5. Memory RAM
Ram yang beredar saat ini adalah dengan type DDR3 dan DDR4, jadi pastikan socket RAM pada motherboard sama dengan RAM yang kalian punya, usahakan RAM diatas 8 GB jika pengen jalan kenceng dan mulus, usahakan juga diatas 2400 MHz, dan liat juga apa RAM support overclock juga, perhatikan chipset motherboardnya pastikan aula agar bisa terbaca.

6. SSD dan HARDISK
Dalam mode penyimpanan, SSD berperan penting dalam menjalankan OS dari komputer anda, usahakan SSD 120 GB, dan untuk Hardisk, saat ini terbaik adalah hitachi atau anda bisa memilih yang lain usahakan 1TB agar bisa menyimpan instalasi OS dan game dengan leluasa.

7. Power suplay
Usahakan anda tidak menggunakan PSU bawaan dari casing komputer anda, karena PSU yang baik adalah PSU yang bersertifikat 80 plus, baik bronze gold atau platinum kalo bisa,karena PSU yang bersertifikat bisa stabil dalam mengalirkan darah listrik pada komputer kalian, dan tidak terjadi konseting atau tidak sesuai aliran listriknya pada perangkat keras.

8. Casing
Untuk asing sendiri saya rasa tidak perlu lah bling bling menggunakan RGB, atau jika kalian suka ya terserah agan saja, yang terpenting adalah mempunyai cable management  air flow dan sesuai dengan ukuran motherboardnya, jangan lupa menambah fan keluar masuknya angin agar mendinginkan dan mengeluarkan debu yang ada di dalam komputer.

Dari artikel yang anda baca diatas maka kalian bisa menyimpulkan sendiri berapa bajed yang anda keluarkan dan fungsinya juga sesuaikan dengan kebutuhan, mudah mudahan artikel ini dapat membantu anda dalam merakit PC gaming dan editing sesuai keinginan anda.

Share this:

You Might Also Like:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments