Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trafik Blog Menurun? Apa yang Harus di Lakukan

Trafik menurun drastis tanpa di sadari sering terjadi di kalangan blogger dan wordpress, saya sering mengalami nasib yang sama, tiba tiba saja pengunjung blog saya dan pageview menurun, parahnya lagi adalah peringkat postingan pada artikel di search engine Google atau mesin pencari merosot dari halaman 1 ke halaman 2 3 bahkan 4, nah saya jadi bingung bagaimana mengatasinya, untungnya saya memperoleh sedikit ilmu dan tips jitu berkat saran seorang teman yang sama juga meneliti penyebab blog menurun ini disebabkan karena apa.

Sebenarnya blog trafik menurun banyak sekali faktor penyebabnya, antara lain adalah ganti template yang salah, karena template susunanya berbeda beda, saran kalau ganti template langsung update artikel atau skali ganti segera lakukan edit dahulu di notepad baru diganti tanpa edit template lagi, faktor lain yang umum adalah fakum ngeblog atau jarang sekali update artikel karena malas atau kehabisan ide postingan, nah ini yang musti di perhatikan jangan anggap blog anda juara, kecuali domain anda sudah berumur bertahun tahun sih gak masalah.

Langsung aja menuju formasi mengembalikan atau menaikan persaingan dan meningkatkan visitor pageview blog kita

1. Bounce rate beserta solusinya, pernah dengar istilah bounce rate ? ini adalah ketika seseorang menemukan postingan kita di pencarian mereka membukanya dan langsung keluar dari blog tanpa pikir panjang, kenapa demikian? kita tanya diri sendiri aja ketika kita mengunjungi blog orang dan pas langsung out tersebut gara gara apa, yang paling umum biasanya adalah.

  • Iklan yang menjengkelkan dan menutupi halaman yang di baca.
  • Like Fanspage pop up berdurasi.
  • Konten tidak nyambung gak bermutu.
  • Judul dan isi gak sinkron.
  • Blog tidak meyakinkan.
  • Loading blog lemot minta ampun.
  • Dll.
Lalu gimana solusinya kalau bounce rate sangat tinggi bahkan 100%?
Silahkan sobat menuju postingan dan edit postingan dengan sebaik baiknya kata yang anda suguhkan, perbaiki semuanya dan buat pengunjung senyaman mungkin, dari loading blog dan warna terang itu juga penting, kurangi iklanya yang menutupi halaman, semakin lama pembaca mengunjungi situs di salah satu postingan google sangat menyukai dan menghargai artikel anda.

2. Fakum ngeblog dan solusi jitu mengakali search engine, tidak perlu anda update artikel terlalu banyak dalam sehari, siapkan 1 artikel perhari dan tambahlah kata yang berada di dalamnya, buat sejelas jelasnya dan sebagai pemecah masalah problem tamu kita, lalu cari konten artikel yang unggul dalam pencarian, dan masukan url postingan di artikel no 1 anda tersebut, dengan menerapkan SEO OFFPAGE melalui link, agar pembaca bisa membacanya, ketika di baca dan merasa nyaman atau betah akan mengurangi bounce rate.

3. Judul Niche bahasan blog anda musiman, seperti yang saya teliti kemaren blog batu akik menurun drastis dari visitor puluhan ribu sekarang tinggal ratusan juga belum tentu, itulah sebabnya niche blog saran saya jangan musiman kalau mau visitor naik, kecuali blog berita yang sudah beriklan di google adwords atau facebook ads, jangan samakan bos karena itu website resmi milik perusahaan, persainganpun susahnya minta ampun soal blog berita.

4 Pinalty Google yang tidak kita sadari, Google sandox juga biasanya umum sekali di timpa kaum blog, nah ini yang sering di lakukan kaum blog masalah pinalty dan hal yang di anggap haram oleh semua pengguna blog, pasalnya sering menggunakan gambar tidak berhak cipta dan tidak mencantumkan suber gambar, konten blog kita copas tanpa disadari atau menggunakan kata yang dilarang seperti kata pornografi, peretasan atau kata yang kurang berkenan, dan yang paling sering adalah menggunakan auto backlink atau backlink yang tidak di anjurkan.

5. Perubahan Alogaritma Google terbaru juga harus tau, Seperti tahun kemaren bahwa Google merekomendasikan untuk semua penggunanya menganjurkan menggunakan template blog jenis responsive dan mobile friendly yang dengan mudah di buka di mode handphone atau versi mobile, dan juga kecepatan loading juga prioritaskan karena alexa juga menilai bukan hanya konten melainkan loading blog dan susunanya yang membuat blog berkualitas.

6. SEO yang berlebihan alias double kata kunci keyword, usahakan dalam satu postingan anda membuat suatu diskripsi postingan dengan 1 kata saja dan jangan diulang ulang, google bisa saja menganggap blog kita umum kata katanya, tidak berkualitas apalagi anda membuat judul postingan artikel yang sama dengan artikel yang lainya, tanda kutip mirip maka hal tersebut merupakan pelanggaran dalam menerapkan SEO jika mau bersaing.