Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi SD Card Tidak Terbaca di Android

Banyak sekali faktor penyebab yang mempengaruhi SIM Card atau memory tidak muncul, untuk memperbaiki sim card tidak terbaca atau tidak terdeteksi di hp android maka ada cara khusus mengatasinya, Micro SD hilang semua lagu dan aplikasi baik file maupun game juga Error, lalu bagaimana caranya memulihkan memory android tersebut agar kembali seperti semula, maka baca tips dan trik merawat memory agar tidak cepat rusak beserta menjaga agar tahan lama, biasanya kartunya sampai gosong atau lecet pada HP anda, karena jika sembarangan bisa bahaya apalagi sampai terkena air, kalau sudah begini lalu bagaimana solusinya.

Penyebab Umum yang Paling Sering Mengakibatkan Memory SD Card Rusak
#Anda sering kali memasang dan mencopot memory di Hp anda, ini kesalahan yang sangat fatal jika kalian melakukan hal ini, biasanya kartu di lepas untuk mengcopy file musik, atau menggunakanya ke card rider untuk terhubung pada PC Komputer atau laptop kalian, nah jangan sering melakukan ini jika mau awet, mending pakai kabel charger untuk terhubung ke PC tanpa harus mengeluarkan kartu SD CARD.
#Terkena virus yang tidak terduga masuk ke SD anda, ini juga sering sekali saya jumpai di beberapa hp teman saya, jangan sembarangan download pada situs yang terkena malware atau situs yang ber virus, apalagi banyak iklan munculan yang mendorong untuk instal beberapa aplikasi yang tidak di kenal, itu sangat berbahaya karena selain merusak sd juga membahayakan hp android anda.

#Anda membeli SD Card yang murah dan tidak bermerek, saran saya beli Micro SD yang bermerk terkenal seperti merk VISIPRO, merk SANDISK dan merk KINGSTON, adapun merk bawaan juga bagus seperti merk THOSIBA dan merk NOKIA atau memory bawaan HP itu memory original biasanya dan mahal harganya.

#Rumah memory rusak/kotor, pastikan rumah memory tidak rusak dan lihat apakah jarum jarum kecil tersebut juga tidak kotor di dalam rumah memory android kalian, segera bersihkan dengan kapas atau cottonbat pembersih telinga.

Pilih Solusi Jitu Memperbaiki Memory SD Card yang Error di HP Anda
  • Buka memory anda dan carilah penghapus pensil yang bersih, siapkan tisu atau kapas untuk membersihkanya, ini juga bisa untuk memperbaiki pada memory PC karena sama jenisnya, gosok pada kuningan memory secara perlahan dan searah, jangan pernah menyentuhnya dengan tangan kosong karena tidak boleh, karena mungkin saja SD kotor dan terkeda debu atau lecet.
  • Memformat memory sampai bersih ke akar akarnya, silahkan menuju ke roda gigi setting android > menu penyimpanan > Hapus semuanya sampai semua lagu bahkan filenya, untuk persiapan silahkan copy dulu file anda ke komputer atau ke media lain.
Jika Rusak Pada Saat Terkoneksi dengan Komputer Maka Mudah di Lakukan
Pastikan hp anda tertancap kabel data dari hp ke PC, biasanya ada pemberitahuan di dekstop sebelah kanan bawah di komputer, kalau tidak muncul segera cek menuju Windows Explorer > klik kanan pada kartu di drive memory > pilih properties > lalu ke tools > Eror checking. Di tahap ini tunggulah sampai selesai lihat seperti gambar saya seperti itu contohnya.
Ini adalah cara terampuh yang sudah saya praktekan sendiri pada memory saya, kalau kurang faham anda bisa menghubungi saya dan kami akan segera membantu anda memperbaiki dan mengatasi sd card yang tidak terbaca tersebut pada hp android anda.